Rabu, 15 Maret 2017

GEDRUK DAN PIROUETTE SEBAGAI EKSPRESI GERAK KAKI

Membangun harmoni dan energi tubuh

foto dari ©Will Brenner Photography
Gedruk adalah istilah dalam Bahasa Jawa untuk menggambarkan atau mengartikan gerakan dalam pelatihan Metode Suzuki. Tenaga (energy) yang muncul ketika kaki menghentak ke lantai menyebar ke menuju tubuh bagian atas. Tetapi tenaga yang tidak mengalir ke tubuh bagian atas sebagaimana mestinya akan menyebabkan bagian itu bergetar (nggregeli). Untuk memperkecil kemungkinan transfer tenaga semacam itu, aktor harus belajar mengendali dan mengisi energi pada wilayah panggul. Dia memberi perhatian pada bagian tengah tubuh. Dia harus belajar mengukur secara terus-menerus hubungan antara bagian atas dan bawah. Semua itu dilakukan sembari melakukan gerakan menghentakkan kaki alias gedruk. Soal pernafasan juga penting. Jika aktor tersebut tidal memiliki ketepatan untuk mengkontrol pernafasan maka saat ia menuju akhir latihan tubuh bagian atasnya akan mulai gemetar. Ia akan kehilangan irama.

foto dari
http://cw.routledge.com/textbooks/actortraining/practitioner-bogart.asp
Teater modern tidak memberi tekanan pada ekspresi kaki. Untuk itu Metode Suzuki hadir memberi kaki kembali mempunyai arti. Latihan itu bentuknya gedruk Sebuah pertunjukan mulai ketika kaki aktor menyentuh tanah, parket, atau panggung. Aktor seperti meletakkan akar dan ia merasakan sensasi itu ketika ia mengangkat dengan ringan tubuhnya dari titik (akar) itu. Aktor menyusun seluruh keberadaa diri berlandaskan kesadaran hubungannya dengan tanah ketika ia membuat kontak dengan lantai. 

Soal kaki bersentuhan tanah beserta makna wigati yang terkandung di dalamnya juga ada pada balet. Pirouette adalah gerakan tubuh yang berputar dengan bertumpu hanya pada satu kaki pada balet. Pirouette menjadi simbol gagasan tentang hubungan tubuh (kaki) dengan tanah (bumi). Ini menjadi simbol harmoni dan keseimbangan antara langit dan bumi, tinggi dan rendah, tanpa bobot dan berat. Apa yang jadi pendapat Gerhard Zacharias, seorang pengamat tari asal Belanda ini juga menjadi kajian Tadashi Suzuki ketika ia menciptakan metode pelatihannya. 

Tidak ada komentar:

Fungsi Teater bagi Kehidupan Manusia

Theatre company YesYesNoNo is committed to live-streaming its show The Accident Did Not Take Place in the near future Teater membantu kita m...