Kamis, 14 Februari 2013

POHON MOJO

Pohon (buah) Mojo terdapat hampir di semua daerah di pulau Jawa. Pohon Mojo yang kemudian dikenal dengan nama pohon Mojopahit bernama latin Aegle Marmeros yang termasuk dalam keluarga Rutaceae. Pohon jenis ini banyak tumbuh di wilayah Asia Selatan. Adapun ciri-ciri pohon ini adalah berdaun tiga serangkai dan berduri tajam serta besar.

Pohon Mojo memiliki banyak manfaat. Getahnya digunakan untuk menyamak kulit. Buahnya bisa menjadi obat disentri. Kayunya sangat baik untuk gagang keris. Bijinya memiliki kegunaan sebagai perekat.

Pohon Mojo banyak tumbuh di sepanjang dataran yang dialiri oleh Sungai Brantas. Oleh karena itu banyak kota dan desa di wilayah tersebut memakai kata Mojo, misalnya: Mojokerto, Mojowarno, Mojoasri, Mojoagung, dan Mojoroto.

Penjelasan tersebut agaknya bisa menjadi alasan mengapa dalam tahun 1293 desa baru yang dibuka oleh orang-orang Madura di daerah Tarik bernama Majapahit. Oleh karena di sekitar daerah tersebut juga terdapat berbagai pohon-pohonan yang di antaranya adalah adalah Pohon Mojo.

Dalam konteks ini imaji Majapahit sebagai nama yang sakti (sakral) sebenarnya adalah sebuah penghargaan atas pohon yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Apalagi imaji kesakralan itu semakin menguat saat Majapahit dibahasakan dalam bahasa Sanskerta Wilwatikta atau Tiktawilwa (wilwa=maja, tikta=pahit). Bahasa asing (di luar bahasa keseharian yang kita pakai acap kali memiliki posisi tinggi; dianggap suci; dianggap memiliki tuah atau kekuaan magis).

Anda juga akan menemukan Pohon Mojo di Padepokan Lemah Putih, Plesungan, Karanganyar, Jawa Tengah. Pohon tersebut tumbuh di Pendapa Utama padepokan milik Suprapto Suryodarmo itu. Wilayah tersebut kebetulan juga berdekatan (hanya dipisahkan sungai tidak terlalu besar) dengan wilayah Mojosongo yang masuk Kota Surakarta.

Tidak ada komentar:

Fungsi Teater bagi Kehidupan Manusia

Theatre company YesYesNoNo is committed to live-streaming its show The Accident Did Not Take Place in the near future Teater membantu kita m...