Selasa, 24 Juni 2008

Agenda Akhir Minggu


Pangsuma dan Macaning

Pangsuma adalah tokoh pejuang perintis kemerdekaan yang berasal dari etnis Dayak. Pangsuma terlibat dalam perjuangan fisik di masa pendudukan Jepang (1942-1945) di wilayah kabupaten Sanggau (Kalimantan Barat). Pasungma menjadi pemimpin gerakan perjuangan melawan penjajah bagi semua etnis di masa itu. Berbagai etnis di wilayah Sanggau, seperti Dayak, Melayu, dan Tionghoa sangat sangat terinspirasi oleh kredonya yang terkenal, yaitu Daripada Hidup Berputih Mata, Lebih Baik mati perutih Tulang.

Pangsuma diangkat kembali dalam sebuah seni pertunjukan berjudul “Pangsuma (Kisah Perjuangan Perang Majangdesa)”. Sajian seni pertunjukan ini akan mengkolaborasikan antara teater, tari dan musik. Kekuatan berbagai tradisi di Kabupaten Sanggau akan sangat dikedepankan dalam pertunjukan ini. Eksotisme kekayaan budaya lokal dari etnis-etnis yang ada seperti Dayak, Melayu, dan Tionghoa diharapkan menjadi daya tarik pertunjukan ini.

Pertunjukan berjudul “Pangsuma (Kisah Perjuangan Perang Majangdesa)” ditulis dan disutradarai oleh David Dino Wijayanto, S. Sn. Selain juga didukung oleh sejumlah seniman dan seniwati dari Kabupaten Sanggau. Pertunjukan tersebut akan berlangsung Minggu, 29 Juni 2008 di Padepokan Lemah Putih, Plesungan, Mojosongo.

Sedangkan, pada Senin, 30 Juni 2008, Padepokan Lemah Putih akan menghadirkan program rutin sebulan sekali, Macaning. Kali ini, Macaning akan menampilkan dua sajian bernuansa sastra. Sajian pertama sebuah pertunjukan puisi doa oleh Arsono. Dia adalah seorang penggiat teater dan juga vokalis sebuah kelompok musik. Saat kuliah, Arsono pernah bergabung dengan Kelompok Teater Wejang FKIP UMS.

Kemudian, penyaji kedua adalah Yuditeha, seorang cerpenis dan penyair. Penggiat sastra dan Ketua Himpunan Pengarang Karanganyar (HPK) 'Ayo Nulis' ini akan menghadirkan musikalisasi puisi. Bentuk lain dari karya-karya puisinya tersebut diharapkan dapat lebih menyentuh sewaktu kepada penikmatnya.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

wah..
kapan ada kumpul² himpunan pengarang karanganyar.. saia pengen ikut

Fungsi Teater bagi Kehidupan Manusia

Theatre company YesYesNoNo is committed to live-streaming its show The Accident Did Not Take Place in the near future Teater membantu kita m...